Wednesday 22 February 2023

PEMASARAN BUKU

 


Resume ke-20 Gelombang 28, KBMN PGRI

Hari, tanggal    : Rabu, 22 Februari 2023

Tema                : Pemasaran Buku 

Narasumber     : Agus Subardana, S.E., M.M 

Moderator        : Purbaniasita KS, S.Pd


Profil Narasumber 



Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. 

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis–jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis.  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1. Faktor Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 kategori.

Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

a. Pemasaran buku lewat Online 

Di era saat ini, dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana-mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita.

Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan bisnis On Line mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

  • Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
  • Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
  • Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP. 
  • Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 
  • Kadang - kadang supaya lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 
          Contoh pantun Jualan di Media Sosial supaya menarik perhatian : 
          Di taman ada banyak kumbang
          Di kali banyak buaya
          Janganlah ragu ataupun bimbang
          Toko online ini bisa dipercaya

  • Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
  • Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.
  • Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.
  • Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
  • Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android. Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat :

    • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial 
    • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
    • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
    • Menaikkan penjualan dan profit 
    • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing 
    • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan 
    • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing–masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll


B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku, kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :

1. Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain :

  • Menguasai display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan Bedah Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
  • Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.






2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing–masing yang bertugas :
  • Kunjungan langsung ke tiap sekolah 
  • Kunjungan langsung ke setiap kampus 
  • Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
  • Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.  Melakukan Event – Event 
Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Itulah pemaparan dari narasumber, kemudian di lanjutkan dengan tanya jawab yang langsung dijawab oleh narasumber.  

Pertanyaan 1 :  
Endang Ratna Juwita, Asal Bogor 
Pertanyaan:
1.Apa yang harus kita lakukan /persiapkan agar buku kita bisa di pasarkan?
2.Jenis buku seperti apa  yang banyak peminatnya?
3.Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca?
Jawaban : 
Persiapannya adalah pertama kalau buku tersebut sudah jadi sudah diterima oleh penerbit, kalau penerbit skala mayor semacam penerbit Andi itu biasanya buku tersebut sudah akan memasukkan ke distribusi ke seluruh toko dan itu juga berdasarkan segmen pasar apa yang potensi dari buku tersebut misalkan persiapan yang perlu disiapkan yaitu Biasanya kita menyiapkan materi promosi dalam bentuk brosur dan juga juga untuk masuk ke program online itu kita juga sebarluaskan dan persiapan yang mendasar yaitu adalah kita adalah harus ada penetrasi pasar dan itu antara offline dan online sama-sama bergerak.
Buku yang banyak peminatnya kalau untuk buku umum itu adalah jenis-jenis buku novel fiksi pengembangan diri motivasi dan buku tentang cerita itu juga bagus, kalau buku anak itu juga laku keras buku-buku tentang religi yaitu buku agama terutama agama muslim itu adalah buku-buku yang jenis religi itu sangat banyak peminatnya.
Ketebalan buku itu tidak berpengaruh signifikan, karena buku yang tebal kalau konten materinya bagus dan biasanya itu adalah buku-buku religi

Pertanyaan 2 :  
Saya evridus Mangung peserta KBMN dari NTT.
Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya. Pertanyaannya bagaimana cara agar content yang kita miliki bisa dilihat banyak orang?  
Jawaban :

Pertama yang harus dilakukan supaya konten kita banyak diminati banyak yang pertama itu adalah harus bisa memetakan peristiwa-peristiwa yang sedang viral atau ngetren itu yang itu adalah bagaimana konten yang kita miliki itu bisa kita kaitkan dengan peristiwa-peristiwa yang lagi ngetren saat ini. Yang kedua juga aktif di website, kita memberi konten kita di website yang bisa tanya jawab kepada konsumen dan terhadap hal itu langsung menarik sekali dan aktif di media sosial jadi Tolong aktifikan media sosial dan juga kalau bisa kita dapat suatu influencer itulah yang nanti bisa membantu promosi terus, dan kontennya yang kita miliki judulnya itu yang menarik.



Pertanyaan 3 : 
Bunda Mahyla dari Malang
Mohon ijin bertanya pak, untuk strategi melalui komunitas misalnya saja anggota arisan atau PKK biasanya tidak begitu tertarik. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa di Indonesia literasi sangat kurang. Bagaimana strategi supaya anggota arisan atau PKK tsb bersemangat utk membeli buku kita. Terima kasih 🙏🏻
Jawaban : 
Harus membuat suatu inspirasi yang menarik kepada anggota arisan tersebut minta waktu minta waktu kurang lebih antara 10 sampai 20 menit untuk memaparkan buku yang Ibu tulis atau buku yang lain yang itu kepingin ibu jual carilah buku yang menarik kalau Ibu sudah punya tulisan sendiri ungkapkan tulisan itu itu ke anggota arisan atau ke PKK minta waktu 10 sampai 20 menit apa sih keunggulan buku yang Ibu tulis yang kedua kalau ibu belum menulis buku Carilah buku yang lagi trend yang lagi bagus dan tipikal ibu-ibu arisan.

Pertanyaan 4 :
Ijin bertanya mba sita dan Pak Agus. 
Saya Dewi dari Seruyan Kalteng. 
1. Saya sudah menulis beberapa buku baik solo dan antalogi, dan semuanya masih dalam tahap untuk konsumsi pribadi, jadi untuk memasarkan buku kita tersebut saya masih belum merasa pede karena adanya ketakutan dalam diri akan karya kita yang mungkin rasanya masih banyak kekurangan, bagaimana mengatasi hal tersebut? 
2. Kemudian bagaimana cara kita bisa menumbuhkan minat orang lain agar bisa tertarik dg buku kita karena masih kurangnya literasi masyarakat akan pentingnya membaca buku ditambah sekarang media online lebih banyak digemari daripada buku cetak. 
3. Apa ada syarat khusus untuk kita bisa menerbitkan buku di penerbit mayor?
Jawaban : 
Bagaimana cara supaya itu PD jadi ibu besok ada sesi dari teman saya di departemen penerbitan yang akan mempresentasikan bagaimana menulis buku supaya Ibu bisa PD ya salah satu kepedean itu itu adalah jangan ada rasa khawatir dan takut kalau Ibu sudah punya naskah langsung saja diedarkan di setorkan ke penerbit, nanti dari penerbit itu yang cepat nanti menangkap peluang dari naskah Ibu, silakan dimasukkan ke salah satu penerbit.

Pertanyaan 5:
Nama : eka hy asal padang  pertanyaan saya: 
Apakah ada tim yg bisa "membenahi" ejaan dan tulisan yg kurang baku sebelum diterbitkan di penerbit Andi?
Jawaban :
Kalau di penerbit Andi naskah ibu itu udah dinyatakan diterima itu biasanya kami sudah langsung kirim surat pemberitahuan bahwa buku ibu diterima di penerbit Andi itu nanti terus dikasih surat perjanjian antara penulis dengan penerbitan baru kita nanti ada tim khusus yaitu ada tim edittor ada setting layout desain dan ejaan semua adalah yang mengerjakan dari tim kami karena tim kami itu ada tim yang khusus, untuk bahasa tersendiri yang ada timnya masing-masing .

Pertanyaan 6 :
Rosjida Ambawani - Ciamis
1. Apa kriteria tulisan dari penulis pemula bisa diterbitkan menjadi sebuah buku oleh penerbit mayor Andi Offset ?
2. Bagaimana jika ternyata ada buku yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset dan lesu pemasarannya (tidak sesuai harapan) ? Apa solusinya?
Jawaban : 

Silakan besok diikutin kriterianya apa saja dan penulis pemula sangat bisa diterbitkan di penerbit Mayor penerbit Andi tergantung tulisannya itu adalah sesuai dengan kebutuhan pasar atau tidak yang kedua adalah menarik Konsumen tidak dan yang selanjutnya juga tulisan Ibu itu adalah segmen pasarnya itu adalah untuk kalangan pelajar misalkan jenjang pendidikan untuk SD SMP atau SMA atau SMK atau untuk perguruan tinggi atau untuk umum Nah itu juga kami akan bisa nilai di situ jadi banyak juga penulis-nulis pemula yang notabenenya kita terima karena bukunya cukup marketable .

Solusinya kami ada tim marketing seluruh Indonesia ada 90 cabang di Indonesia Jadi kami Biasanya kita semua unsur marketing kami gerakan yang tadi saya sampaikan jadi cara offline dan cara online itu terus kami kembangkan rata-rata kami masukkan ke literasi pengadaan di setiap perpustakaan baik perpustakaan untuk tingkat SD SMP SMA SMK maupun tingkat perguruan tinggi dan juga pengadaan di perpustakaan daerah tingkat kota Kabupaten maupun provinsi dan juga ke tingkat nasional Nah jadi kami kalau misalkan tidak laku di pasar dengan kurun waktu lebih dari 2 tahun ya biasanya kami lakukan yaitu buku masuk ke buku obral yaitu dipromosikan dulu dikasih diskon khusus diskon 50% sampai akhirnya kita ngobrol harga yang masuk 10 ribuan 15 ribuan rp20.000-an semacam itu Dan kalau sudah kurun waktu sampai tiga tahun lima tahun tidak laku biasanya kita ranjang. 



Pertanyaan 7 :
Bunda Latifah,Saya mau tanya..
1. Apakah yang sulit dalam menulis
2. Mohon diberikan contohnya
Jawaban : 
Sulitnya dalam menulis adalah kemalasan dalam diri kita, besok sesinya Pak Joko akan dijelaskan tentang itu. Harus bisa membuang rasa malas dan bisa membagi waktu dengan konsisten pasti ibu bisa menulis nah Besok juga akan diberikan contoh bagaimana contoh-contoh untuk kriteria dalam penulisan kami 


Pertanyaan 8 :
Farida Lisanti
Mohon izin bertanya pak Agus dan Bu Sita 🙏 saya sangat tertarik dengan iven yang akan direncanakan penerbita ANDI tentang lomba membuat film pendek bagi pelajar 👍
Bagaimana caranya agar dapat mendaftar? Adakah syarat ketentuannya? 
Jawaban : 
Kami launching pertengahan bulan Maret ini bikin film pendek dengan durasi kurang lebih 10 menit sampai maksimal 15 menit syarat dan ketentuan itu adalah tidak boleh ada unsur Sara dan pornografi temanya bebas dan film pendek tersebut adalah nanti dibuat oleh para siswa yang ditunjuk dari pihak sekolah terus juga nanti langsung aja video film pendek tersebut didaftarkan di penerbit Andi dengan kontribusi ada biaya pendaftaran.

Pertanyaan 9 : 
Assalmualaikum, selamat malam, perkenalkan nama saya Hasbi Aprizal, asal Sukabumi.
1. Bagaimana menyiasati penjualan buku agar Best seller?
2. Ketika sudah Best seller bagaimana caranya agar buku kita tidak di plagiat atau difotokopi dengan  bebas?
Terimakasih
Jawaban : 
Best seller itu tergantung buku tersebut jenisnya atau genrenya, kalau buku pelajaran yang sesuai dengan Kurikulum saat ini misalkan kurikulum Merdeka tergantung jenjangnya. Bapak harus punya pertama punya komunitas atau punya jaringan yang followersnya itu minimal bapak punya followers followers itu di atas Rp10.000 itu pasti nanti best seller. Sebelum kita launching itu lakukan pre-order preorder ke jaringan media sosial kita promosikan dulu secara masif yaitu kita cek ombak terus kita pancing dengan pre-order dulu yaitu Biasanya kalau itu cek ombak dan power-nya itu sudah bagus itu kita pakai itu buku akan jadi beda demikian terus yang ketika sudah best seller.

Pertanyaan 10 :
Assalamualaikum Bu Sita
Saya Eka Yulia dari Kab. Seruyan.
Pertanyaan: 
1. Strategi  pemasaran buku seperti  apa yang tepat bagi penulis pemula yang belum terkenal dan tidak memiliki pangsa pasar/ pembaca yang tetap?
2. Ketika terjadi ketidak sesuaian setelah buku dicetak, (misalnya masih terdapat typo, tanda baca tidak sesuai, penulisan nama yang salah) apakah penulis boleh meminta perbaikan kembali pada penerbit?
Jawaban : 
Tulislah buku yang sekiranya diserap pasar cepet yaitu adalah buku-buku sesuai, misalkan ibu sebagai seorang guru guru mata pelajaran bahasa Inggris misalkan buku tersebut buku yang Ibu kuasai yaitu tentang pelajaran bahasa Inggris misalkan begitu itu sebagai pemula itu pasti akan memiliki pasar tersendiri sehingga pembaca juga akan cepat atau nyaman atau tetap terserap oleh pasar sebagai strategi pemula yaitu Tulislah buku yang benar-benar itu kuasai.
Kalau penerbit Mayor sebelum kami cetak itu kita ada proof ke penulis, Jadi pertama kita sampaikan ke penulis setelah kita edit setting layout desain, penulis mereview kembali setelah kita edit kalau sudah penulis nanti akan tanda tangan setiap lembarnya sudah oke baru disampaikan lagi ke kami terus kembali setelah kami cek lihat kembali, dari penulis baru kita review kembali kedua kalinya ke penulis setelah diproof final ke penulis barulah kita akan cetak

Pertanyaan 11 : 
Imro'atus Sholihah_ MTsN 4 Jombang Jatim                                                                                                1. Saat ini banyak situs yang membagikan e-book gratis, bgmn pandangan bapak ttg hal ini terkait prospek pemasaran buku?
2. Setiap penerbit pasti memiliki idealisme tersendiri berkait syarat-syarat buku yang diterima dari penulis, bagaimana idealisme Andi offset?
3. Bagaimana prosedur penerbitan buku di PT. Andi?
Jawaban : 

Kami sangat optimis Indonesia masih sangat potensi sekali dan kami masih terus mengalami pertumbuhan dan buku-buku ebook yang gratis tersebut kami juga menerbitkan dalam bentuk digital ebook cukup banyak ada hampir 6000-an judul buku, dari semua ebook yang gratis pun tidak semua bisa mengakomodir kebutuhan pembaca

Idealisme penerbit besok akan dipaparkan oleh teman saya Pak Joko Irawan mumpuni dan Pak Edi Mulyanto silakan mengikutinya karena saya bagian dari strategi pemasaran kalau dari konten penulisan buku Nanti Pak Joko Irawan Mumpuni sama Pak Edi Mulyanto silakan mengikuti dan juga Bagaimana prosedur penerbitan buku di PT Andi juga nanti akan diterangkan oleh teman kami yang sudah terjadwal di grup ini terima kasih 


Demikian resume ke 20 gelombang 20 KBMN PGRI ini, semoga bermanfaat


2 comments: