Assalamu'alaikum wr wb.
Materi pembelajaran kelas 7 semester 2 tentang Algoritma dan Pemrograman
Kali ini kita akan belajar tentang Mengenal Lingkungan Kerja Scratch
Berikut ini tampilan dari Scratch dan bagian-bagiannya :
a. Menu Bar
Menu ini terdiri atas bagian-bagian dari File, Edit, Share, Help
b. Tab Bar
Terdiri atas blok-blok kode yang dapat di-drag dan ditempatkan di scrip area.
c. Script Area
Bagian dari jendela yang digunakan untuk menyusun atau menempatkan blok kode
d. Tombol Pengaturan Jendela
Terdiri atas tiga tombol dengan tampilan bentuk yang berbeda, yang pertama untuk menampilkan script area yang lebih besar, yang kedua untuk menampilkan stage yang lebih besar dan ketiga digunakan untuk menampilkan bagian stage dengan mode full screen.
e. Stage
Bagian jendela yang digunakan untuk menunjukkan tampiran dari program
f. Sprite Pane
Digunakan untuk menampilkan daftar sprite yang dimiliki oleh proyek yang sedang dikerjakan.
g. Stage Pane
Digunakan untuk menampilkan daftar backdrop (latar) yang digunakan di stage
h. Tombol Go dan Stop
Tombol Go (simbol bendera) digunakan untuk menjalankan blok kode yang ada di script area, sedangkan Stop digunakan menghentikan blok kode.
Silahkan bagi yang membutuhkan aplikasi Scratch bisa diunduh link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/1YM3VRJs77lTnUx8MajlcbwMU0mrUC_N1/view?usp=sharing
Terimakasih selamat belajar Scratch
No comments:
Post a Comment