Friday 24 February 2023

Melejitkan Prestasi Dengan Menulis


Resume ke 21 Gelombang 28, KBMN PGRI
Hari/tanggal     : Jum'at, 24 Februari 2023
Tema                : Melejitkan Prestasi Dengan Menulis  
Narasumber     : Ritawati, S.Kom
Moderator        : Helwiyah, S.Pd., M.M 

 

Profil Narasumber :

Terlahir dengan nama Rita Wati di Tanjung Pinang pada tahun 1982 dari orang tua berdarah minang. Memiliki hobi, menulis, browsing dan mencoba tools baru.

Masa kecil hingga remaja penulis habiskan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau kemudian melanjutkan studi S1 di Yogyakarta. Pernah bekerja di Serang kemudian menikah dan kini menetap di Bali.

Pendidikan
Sedang menempuh S2 Magister Teknik Informatika di Universitas AMIKOM Yogyakarta
 
Aktivitas
  • Teacher (SMP Negeri 2 Mendoyo)
  • Blogger
  • Writer
  • Moderator
  • Youtuber
HP : 085219585451
Email : catatangurumilenial@gmail.com 
Untuk lebih lengkapnya tentang profil narasumber bisa dicek link dibawah ini :

Penyampaian materi dari narasumber malam ini agak berbeda, dari narasumber meminta supaya lebih rilek grup KBMN dibuka, karena sudah dibuka dari awal maka  dari peserta yang sudah membaca tentang profil dan prestasi dari narasumber lewat blognya, menyebabkan para peserta mulai bertanya kepada narasumber karena dalam usia yang masih muda, ternyata narasumber sudah banyak prestasi yang di dapat  baik itu tingkat daerah, tingkat nasional, bahkan tingkat internasional. 
Tema malam ini adalah Melejitkan Prestasi Dengan Menulis, dalam materi kali ini narasumber lebih banyak berbagi pengalaman dalam memperoleh prestasi, tema ini sengaja diangkat untuk menyemangati Bpk/ibu ternyata dalam dunia literasi itu bisa membuahkan prestasi yang diluar ekspetasi.  Narasumber  punya 2 prestasi nasional  menjadi guru inspiratif terbaik jenjang SMP dan juara 1 Indihome. 
Bahkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh narasumber selalu didokumentasikan di dalam channel youtubenya, silahkan cek youtube di bawah ini : 


Narasumber bergabung dengan KBMN gelombang 10, sejak bergabung dengan KBMN tersebut membuat narasumber penginnya menulis saja, sangat disayangkan dilewatkan, apabila idenya sudah ada. Dalam kesempatan ini narasumber juga menjawab pertanyaan dari peserta yang langsung menyerbu, ketika kelas baru dibuka oleh moderator. Berikut pertanyaan dan paparan jawaban dari narasumber :

Apa ukuran prestasi dalam hal menulis itu ? menurut narasumber ukuran prestasi dalam menulis relatif kalau dulu ukuran narasumber tulisan dibaca Om Jay dan dikomentari aja sudah senang banget apalagi dapat hadiah buku, tapi sekarang ukuran saya beda prestasi ya juara. 

Bagaimana menjaga spirit menulis di sela-sela kesibukan ? 
pertanyaan ini hampir narasumber dapatkan disetiap KBM. Kalau sebelumnya narasumber menyematkan jika tidak sehari, dua hari kemudian berubah lagi hingga kini narasumber terfokus pada kuliah 2, kerja sehingga waktu menulis saya sangat terkorbankan,  manajemen waktu, spirit bisa dijaga melihat semangat teman yang konsisten menulis.

Salah satu peserta juga bertanya bahwa selama ini senang menulis fiksi, sebagai guru dan juga penulis apakah kita harus menguasai semua bentuk tulisan atau cukup berada di ranah yang memang kita sukai saja? Tidak dipungkiri  banyak kita yang wanita pasti awalnya senang menulis fiksi, it's ok kembangkan saja. hanya saja sebagai guru kita juga dituntut menulis ilmiah, seperti PTK, essay dan lain-lain tinggal disesuaikan saja.

Ada pertanyaan yang diajukan oleh peserta yaitu :
1. Bagaimana cara bu Rita membagi waktunya?
2.Apakah semua buku terbit secara bersamaan atau berdekatan?
3.Apa tips supaya bisa kreatif dan produktif serta berprestasi seperti ibu?
Cara narasumber membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat saya usahakan ketika ada ide menulis, tapi pada saat kegiatan sudah padat saya tulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketika saya megikuti lomba tulisan itu saya tulis perlahan-lahan. 
Kebetulan semangat saya membara pada tahun 2021 jadi buku saya hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehinga ketika saya flashback itulah yang membuat saya terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP
Tipsnya pandai melihat peluang, harus berani mencoba mengikuti lomba terutama ketika lomba itu sesuai dengan passion kita.

Dari peserta lainnya bertanya : 
1. Bagaimana cara melejitkan prestasi dengan menulis?
2. Bagaimana cara fokus menulis hingga berprestasi?
Melejitkan prestasi cara dengan mengikuti kompetisi yang berkaitan dengan menulis, lomba blog,  essay, karya ilmiah, cerpen, puisi dan lain-lain.
Cara fokus menulis harus rajin research tentang tema yang dilombakan.

Narasumber juga menyampaikan manfaat dari kita menulis menurut pandangan dari para ahli, berikut ini adalah manfaat dari menulis :



Ada salah satu peserta yang bertanya caranya fokus menulis itu bagaimana, bagaimana supaya jalan alur cerita bisa di mengerti oleh pembaca ? 
Tulis aja hingga tuntas ide yang ada dipikiran kemudian setelah selesai baca berulang-ulang ketika kurang bahan banyak membaca yang sesuai ide kemudian minta tolong sama teman untuk membaca tulisan kita, dari pembaca kita ketahui apakah tulisan kita itu sudah dimengerti atau masih perlu diperbaiki. Agar tulisan itu berkualitas dan enak dibaca tentunya harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan. Kesalahan-kesalahan apa yg sering muncul yg tidak sesuai kaidah, agar bisa waspada saat menulis. Sering  baca berulang-ulang nanti akan ketemu yg salah dan biar enak dibaca

Pertanyaan dari peserta pemula baru gabung di KBMN, Namun, saya masih tertatih-tatih menulis untuk menyamai langkah-langkah teman-teman disini.  Ibarat kendaraan, mungkin teman-teman adalah kereta, sedangkan saya bersepeda  Mengayuh laju namun masih tertinggal. Mohon quote of the day, buat semakin terbakar bu. Narasumber memberikan kutipan Nothing is impossible in this world what you look upon today tomorrow may be acomplished fact. 

Dalam kesempatan ini narasumber memberikan tips untuk peserta mengoreksi secara praktis bila terjadi typo dalam tulisan kita, yang oleh narasumber dijelaskan dalam bentuk toturial video youtube dibawah :


Narasumber juga memberikan tips cara membuat gambar thumnail jika kurang menguasai dengan Adobephotoshop, saat ini lebih dengan aplikasi yang lebih mudah pemakaiannya yaitu menggunakan Canva. Video youtube dibawah  ini adalah tips yang diberikan oleh narasumber.



Dalam menulis yang paling sulit itu mencari awalan dalam menulis, tema sudah ada tapi itu awalnya suka sulit sekali. Bagaimana agar kata kunci diawal itu dapat mudah kita lakukan. 
Berdasarkan pertanyaan diatas narasumber  juga mengalami itu hal tersebut tapi narasumber tetap menulis dulu, nanti ambil jalan tinggal diatur berada di paragraf mana yg terbaik.

Narasumber juga menyampaikan manfaat menulis dilihat dari segi kesehtan yaitu :



Biasanya seorang penulis pemula akan selalu mengalami masalah untuk memulai suatu tulisan, dibawah ini adalah masalah yang banyak dialami oleh penulis pemula : 



Narasumber memaparkan banyak menulis bagi guru adalah modal utama untuk menyebarkan informasi, berita, materi lewat goresan tulisan bpk/ibu melalui media blog. Saat ini milyaran konten hadir didunia maya, tentu saja ada yang positif dan ada yang negative. Mari kita sebagai guru  ikut  berjuang dan ikut andil menjadi conten writer untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca di dunia maya. Yakinlah salah satu amalan yang tak terputus adalah ilmu yang bermanfaat. Bapak/ ibu narasumber memulai kelas belajar ini pada gelombang 10 pada saat itu kondisi narasumber sama seperti peserta lainnya. Ratusan guru berbondong-bondong mengikuti kelas BM tapi seleksi alam tetap berlaku. Narasumber  berharap pada gelombang KBMN 28 ini banyak talenta baru yang bisa lulus yang dapat meramaikan dunia perblogan.  

Demikian resume kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment