Saturday 28 January 2023

MENULIS ITU MUDAH


Resume ke 9, Gelombang 28 KBMN PGRI

Hari/tanggal     : Jum'at, 27 Januari 2023
Judul                : Menulis itu Mudah 
Narasumber     : Prof. Dr. Ngainun Naim 
Moderator        : Lely Suryani, S.Pd.SD

Selamat pagi sobat semuanya !
Semoga aktivitas sepanjang hari ini kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. 

Aktivitas pagi hari ini, saya mulai dengan menulis resume ke 9 gelombang 28 KBMN PGRI, biasanya resume ini saya buat setelah kelas selesai, tetapi kali ini agak beda saya buat resumenya  pagi hari :

Tulisan ini akan saya mulai dari profil narasumber : 

Nama

:

Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I.

Tempat Tanggal Lahir

:

Tulungagung, 19 Juli 1975

Alamat Kantor

:

IAIN Tulungagung, Jl. Mayor Sujadi Timur 46 Tulungagung 66221.

Alamat Rumah

:

Parakan RT 11 RW 04 Trenggalek

Pangkat/Jabatan/Golongan

:

Pembina Tk. 1/Guru Besar/(IV/b)

No Telp.

 

 

Kantor

:

0355-321513

HP

:

081311124546

NPWP

:

49.655.706.7-629.000

Rekening

:

BNI Tulungagung 0707402867
BRI Tulungagung 0110-01-005262-53-1

e-mail

 

naimmas22@gmail.com

Riwayat Pendidikan Formal

 

§  SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung, lulus tahun 1988

§  MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, lulus tahun 1991

§  MAN Denanyar Jombang, lulus tahun 1994

§  S-1  STAIN Tulungagung, lulus 1998

§  S-2  Studi Islam Universitas Islam Malang (UNISMA), lulus tahun 2002.

§  S3 Studi Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, lulus tahun 2011.

 
Jumlah semua buku yang sudah beliau tulis sebanyak 47 judul.  

WRITING IS EASY, Menulis itu mudah merupakan tema yang akan narasumber sampaikan dan bagikan dengan berbagai tips dan triknya.   

Narasumber memulainya dengan tidak akan menjelaskan bahwa menulis itu mudah atau sulit. Narasumber hanya ingin mengajak para peserta KBMN PGRI ini  bisa menulis. Caranya hanya satu yaitu dengan menulis.

Pertanyaannya adalah apa yang mau ditulis ? Narasumber mempunyai salah satu tulisan yang sederhana. Tulisan yang dibuat beliau beberapa tahun lalu. Beliau tulis dalam sebuah blog https://ngainun-naim.blogspot.com/2016/06/suatu-sore-di-bulan-ramadhan.html. Tulisan yang ada dalam blog tersebut ini hanya beberapa paragraf. Berkisah tentang suasana ramadhan di Alun-Alun Trenggalek tempat tinggal beliau. Tulisannya sederhana hanya beberapa paragraf saja. Narasumber juga mencontohkan tulisannya yang panjang yang sudah beliau posting https://www.spirit-literasi.id/2022/12/dari-wa-ke-dunia-nyata.html.

Intinya narasumber ingin menyampaikan salah satu kunci menulis yang mudah yaitu :

(1) Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami.

Jadi pengalaman hidup sehari-hari itu sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami. Tinggal kita memilih aspek apa yang mau kita ceritakan. Jadi tidak usah bingung mencari ide.  Jadi ya apa yang kita alami sehari-hari, tulis saja  jangan takut salah atau jelek. Takutlah jika tidak menulis, ini dijalankan, menulis akan mudah.

 (2) Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit.

Itu menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran, nulis itu ya nulis. Keluarkan saja apa yang ada dalam pikiran secara bebas. Terus saja menulis, setelah selesai menulis atau karena sudah habis yang mau ditulis, tinggalkan dulu. Simpan di komputer jangan dibaca dulu. Cari suasana psikologis yang berbeda. Istilahnya endapkan dahulu, saat berbeda, misalnya nulisnya pagi, maka saat sore baru dibaca. Cermati kalimat demi kalimat, tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah. Jika ada typo, perbaiki. Sebelum mengunggah ke blog narasumber selalu membaca ulang tulisannya. Prinsip narasumber meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginannya. Kenapa ? Karena tulisan kita adalah jejak kita.

(3) Menulis tentang perjalanan

Ini juga jenis tulisan yang mudah dibuat. Kita semua sangat sering melakukan perjalanan. Nah, apa-apa yang kita lakukan di perjalanan bisa kita tulis. Jika Bapak Ibu rekreasi, tulis saja hal-hal yang Bapak Ibu alami, itu mudah karena kita menjalaninya.

(4) Menulis Secara Ngemil

Narasumber memberikan satu lagi kunci menulis yang membuat menulis menjadi mudah, yaitu MENULIS SECARA NGEMIL. Sedikit demi sedikit. Narasumber nyaris setiap hari menulis beberapa jenis tulisan. Tidak banyak yang narasumber tuliskan untuk blog, hanya 3-5 paragraf saja, sedangkan untuk jurnal hanya 1 paragraf,  itu target minimal yang narasumber perjuangkan.

Itulah 4 hal yang narasumber sampaikan, 4 hal tersebut mudah untuk dipraktikkan. Kalau jenis tulisan ilmiah  narasumber mengatakan sudah  berbeda lagi. Setelah narasumber menyampaikan 4 hal tersebut, kemudian pelatihan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Dari beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan, langsung dijawab oleh narasumber, dari beberapa pertanyaan tersebut, dapat disimpulkan yaitu  lawan terbesar dari seorang penulis adalah diri sendiri. Itu butuh perjuangan,  narasumber juga mengalaminya. Seiring perjalanan waktu, narasumber mengabaikan itu. Pokoknya narasumber menulis saja. Kualitas itu akan meningkat seiring dengan banyaknya karya yang dihasilkan. Tentu juga harus belajar tanpa henti. Sampai sekarang narasumber masih terus belajar, mencari informasi, menonton YouTube, membaca, dan terus menulis. Jadi teruslah menulis.

Demikian resume ke 9 gelombang 28 KBMN PGRI ini, mudah-mudahan ada manfaatnya.

Salam Literasi !!


9 comments:

  1. Mantap, semangat

    Jika berkenan silakan berkunjung

    https://rambawani-menujucinta-nya.blogspot.com/2023/01/mari-menulis-manis.html

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah berkenan mampir

    ReplyDelete
  3. Resumenya runut, saya menikmati membacanya. bagus bu

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Masih perlu banyak belajar, Terimakasih sudah mampir

      Delete
  5. Materinya sgt lengkap bu...desainnya juga indah seklai....

    ReplyDelete