SOAL ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
I. PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR !
1. Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang digunakan untuk membuat ...
a. Website
b. Aplikasi mobile
c. Game dan animasi
d. Perangkat lunak desktop
2. Logo Scratch adalah gambar ...
a. Kucing
b. Anjing
c. Kelinci
d. Burung
3. Bagian utama dari antarmuka Scratch adalah ...
a. Stage
b. Sprite Palette
c. Script Editor
d. Semua jawaban benar
4. Sprite adalah objek yang dapat ...
a. Digambar
b. Diimpor dari gambar
c. Dikendalikan dengan kode
d. Semua jawaban benar
5. Balok kode Scratch digunakan untuk ...
a. Memberikan instruksi kepada sprite
b. Mengatur tampilan stage
c. Memutar musik
d. Semua jawaban benar
6. Kategori balok kode Scratch yang digunakan untuk membuat sprite bergerak adalah ...
a. Motion
b. Appearance
c. Sound
d. Events
7. Untuk membuat sprite bergerak ke kanan, balok kode yang digunakan adalah ...
a. when green flag clicked
b. move 10 steps
c. if <key > is pressed
d.
repeat until
8. Untuk membuat sprite berubah warna menjadi merah, balok kode yang digunakan adalah ...
a. when green flag clicked
b. change color to red
c. if <key > is pressed
d. repeat until
9. Untuk memutar suara "meow" ketika sprite diklik, balok kode yang digunakan adalah ...
a. when green flag clicked
b. play sound meow
c. if <key > is pressed
d. repeat until
10. Untuk membuat sprite berputar 360 derajat, balok kode yang digunakan adalah ...
a. when green flag clicked
b. turn 360 degrees
c. if <key > is pressed
d. repeat until
11. Perintah untuk membuat sprite berhenti bergerak adalah ...
a. stop
b. pause
c. wait
d. none of the above
12. Perintah untuk membuat sprite menyembunyikan diri adalah ...
a. hide
b. disappear
c. vanish
d. none of the above
13. Perintah untuk membuat sprite muncul kembali adalah ...
a. show
b. appear
c. reappear
d. none of the above
14. Perintah untuk membuat sprite berubah ukuran menjadi 50% adalah ...
a. set size to 50%
b. change size by 50%
c. resize to 50%
d. none of the above
15. Perintah untuk membuat sprite berganti kostum ke kostum kedua adalah ...
a. switch to costume 2
b. change costume to 2
c. wear costume 2
d. none of the
above
16. Perintah untuk membuat sprite mengatakan "Halo!" adalah ...
a. say "Halo!"
b. speak "Halo!"
c. talk "Halo!"
d. none
of the above
17. Perintah untuk membuat sprite menunggu selama 2 detik adalah ...
a. wait 2 seconds
b. pause for 2 seconds
c. delay for 2 seconds
d. none of the above
18. Perintah untuk membuat sprite mengulangi kode di dalam kurung 10 kali adalah ...
a. repeat 10 times
b. loop 10 times
c. for 10 times
d. none of the above
19. Bagaimana cara membuat sprite bergerak ke kanan sejauh 10 langkah dalam
Scratch?
a. Gunakan blok "move 10 steps" dari kategori "Motion".
b. Gunakan blok "change x by 10" dari kategori "Motion".
c. Gunakan blok "go to x: 10 y: 0" dari kategori "Motion".
d. Gunakan blok "when green flag clicked" dari
kategori "Events".
20. Bagaimana cara membuat sprite berputar 360 derajat dalam Scratch?
a. Gunakan blok "turn 360 degrees" dari kategori "Motion".
b. Gunakan blok "change direction by 360" dari kategori "Motion".
c. Gunakan blok "go to x: 0 y: 0" dari kategori "Motion".
d. Gunakan blok "when green flag
clicked" dari kategori "Events".
II. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI !
Buatlah sebuah game sederhana dalam Scratch yang melibatkan dua sprite:
pemain dan musuh. Pemain harus menghindari musuh dengan menggerakkan sprite
pemain ke kiri dan kanan. Musuh akan bergerak secara acak di layar. Jika pemain
bertabrakan dengan musuh, game akan berakhir dan pemain kalah.
No comments:
Post a Comment