Sunday 11 March 2012

Materi TIK Klas 3

Standar Kompentensi :
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
Kompetensi Dasar :
Mengenal dan menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat pengolah kata

Ringkasan Materi
Perangkat lunak disebut juga software atau program adalah perangkat yang diisikan / diinstalkan pada sebuah komputer untuk dapat digunakan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Software pengolah kata adalah program yang terinstral di komputer yang digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan pembuatan dokumen yang berisi teks seperti membuat surat, laporan, jurnal karya tulis dan lain sebagainya.
Contoh perangkat lunak pengolah kata yang saat ini populer adalah Microsoft Word, sebelum munculnya Microsoft Word ada Wordstar, Wordperfect, OpenOffice dan lainnya.
Program Microsoft Word adalah salah satu bagian dari program perkantoran yaitu Microsoft Office. Saat ini yang terbaru dari program Microsoft Office adalah Microsoft Office versi 2010. Dalam kesempatan ini yang akan dibahas adalah MSWord versi 2003 Microsoft Word sering disebut orang dengan sebutan MSWord.

Menjalankan Program Microsoft Word (MSWord)
1. Klik Start
2. Klik All Program
3. Pilih Microsoft Office
4. Klik Microsoft Office Word 2003
Selain melalui langkah-langkah diatas, MSWord dapat dijalankan/dimulai juga dari Tampilan layar Desktop kemudian klik 2 kali icon MSWord, icon MSWord bergambar huruf W berwarna biru dan ada tulisannya Microsoft Office Word 2003.

No comments:

Post a Comment