Wednesday 29 August 2012

Materi Pembelajaran TIK Klas V

Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Grafis 

Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual, yaitu komunikasi yang informasinya berupa tampilan yang dapat dilihat, umumnya berupa tampilan pada media cetak, seperti buku, koran, dan majalah. Informasi grafis sangat banyak disekitar kita seperti majalah, buku, koran, spanduk, kartu nama, poster, brosur, dan lain sebaigainya. 
Banyak program pengolah grafis contohnya Coreldraw, Macromedia Freehand, Adobe Ilustrator, Micrografx Designer. Program aplikasi tersebut merupakan program pengolah grafis terutama grafis vektor. 
Grafis vektor adalah gambar yang tersusun atas sekumpulan garis, kurva, dan sekumpulan rangkaian yang didefinisikan secara sistematis sehingga kalau dilakukan pembesaran gambar yang maksimal maka gambar tetap terlihat tajam tidak pudar. 
Grafis Bitmap adalah gambar yang tersusun dari ribuan titik atau sering disebut raster, biasanya kalau dilakukan pembesaran gambar secara maksimal gambar akan pudar dan terlihat titik-titik penyusunnya. 
Pada materi ini yang akan dipelajari adalah CORELDRAW X3
A. Mengaktifkan Coreldraw X3
  1. Klik start
  2. Klik All Program 
  3. Pilih Coreldraw Graphics Suite X3
  4. Klik Coreldraw X3 
  5. Tunggu sampai muncul tampilan Coreldraw X3
B. Mengenal Tampilan Coreldraw X3
  1. Title Bar adalah tempat menampilkan nama title atau judul gambar yang sedang aktif
  2. Menu Bar adalah merupakan tempat yang terdapat menu perintah yang dapat membuka ke bawah (drop down menu). Ada menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Tools, Windows, dan Help
  3. Toolbar  Standar adalah merupakan bidang yang berisi ikon-ikon atau shortcut untuk melakukan perintah-perintah standar, seperti membuka pekerjaan baru, menyimpan, mencetak dan lainnya.
  4. Property Bar adalah bidang yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan tool atau objek yang sedang aktif. Misalnya tool teks yang aktif maka property bar akan menampilkan perintah-perintah yang memungkinkan kamu membuat dan mengedit teks. 
  5. Toolbox adalah bidang yang berisi ikon-ikon untuk membuat, mengisi, mewarnai, atau memodifikasi objek saat menggambar
  6. Document Navigator atau Tab Page adalah merupakan area yang mengandung perintah untuk pengaturan halaman, seperti perpindahan halaman, menambah halaman atau mengurangi halaman, dan menamai halaman.
  7. Docker adalah jendela yang berisi pengaturan objek terkait dengan perintah tertentu. Docker bisa dimunculkan dan dihilangkan sesuai keinginan. 
  8. Color Palette adalah bidang untuk pengisian warna objek 
  9. Rulers adalah berupa penggaris horisontal dan vertikal yang digunakan untuk menentukan ukuran dan posisi objek saat menggambar.
  10. Drawing Page atau Drawing Area adalah lembar kerja coreldraw atau tempat untuk menggambar dan merupakan arena yang dapat dicetak