Thursday, 30 March 2023

Soal Penilaian Sumatif Tengah Semester Mata Pelajaran Informatika

1. Perhatikan teks berikut ini!

SMP Gajah Mada baru saja mengadakan ujian seleksi penerimaan peserta didik baru. Ujian terdiri dari tes kemampuan pada mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Tampilan data ujian di  lembaran Excel ditunjukkan oleh tampilan sheet berikut :

2. Meskipun data menunjukkan ada 500 jumlah peserta ujian, namun jumlah peserta didik baru yang diterima hanya 360 orang. Untuk itu panitia harus memilih 360 calon peserta didik dengan hasil ujian terbaik. Jika ada peserta didik yang memiliki nilai yang sama, maka peserta didik dengan hasil ujian Matematika tertinggi yang diutamakan. Jika ada peserta didik dengan jumlah nilai IPA dan Matematika yang sama, peserta didik dengan nilai IPA yang tertinggi yang diutamakan.

Berdasarkan dari hasil di atas, rumus yang dapat digunakan di cell G2 adalah ….

A.    =D2+E2+F2

B.    =Sum(D2:F2)

C.    =Average(D2:F2)

D.   =Sum(D2+E2+F2) 


3. Perhatikan teks berikut ini!

Indah adalah seorang anak yang rajin belajar, disamping membaca buku materi pelajaran yang ada, Indah juga selalu menyimpan hasil resume belajar di dalam komputer. Setiap hari Indah menyimpan hasil resumenya di komputer dengan kapasitas memori sebesar 500 kilobytes setiap resume,  rata-rata dalam satu bulan Indah membuat resume sebanyak 30 resume.

Berapakah jumlah total memory resume yang dibuat oleh Indah dalam satu bulan tersebut !

a.   25.000 kilobytes

b.   30.000 kilobytes

c.    15.000 kilobytes

d. 10.000 kilobytes



4. Perhatikan uraian singkat tentang pengertian pemrograman berikut ini!

(1)    Proses penerapan logika berpikir dalam satu sistem yang bisa diubah-ubah di komputer

(2)   Proses untuk menerjemahkan logika berpikir menjadi langkah-langkah atau proses yang dijalankan komputer

(3)   Proses logika berpikir yang diterjemahkan dalam bentuk visual relatif

(4)    Proses mengelompokkan permasalahan yang ada dengan bantuan komputer

Dari empat pengertian tersebut, manakah yang bukan merupakan pengertian singkat pemrograman

a.     (1)

b.     (2)

c.      (3)

d.  (4)



5. Perhatikan teks berikut ini!

Rio seorang anak yang senang mempelajari tentang bahasa pemrograman, dari mulai bahasa pemrograman java, phyton, ruby, visual basic, HTML dan juga bahasa pemrograman yang lainnya. Hampir semua bahasa pemrograman di kuasai oleh Rio. Banyak sekali Rio diminta oleh orang untuk membuat program atau aplikasi, baik itu  yang berbasis windows maupun berbasis android.

Berdasarkan teks tersebut maka pekerjaan Rio adalah ….

a.   Cracker

b.   Hacker

c.    Programmer

d. Qualityassruance


6. Perhatikan tabel berikut ini!

Dari tabel di atas maka yang tidak sesuai antara tujuan dan rumus adalah ….

a.   A – A

b.   B – B

c.    C – C

d. D – D

7. Perhatikan uraian berikut ini!

Seorang sekretaris bertugas memasukkan data konsumennya ke dalam komputer. Data konsumen yang dimasukkan berupa nama, tempat dan tanggal lahir, NIK, tanggal menjadi nasabah perusahaan, dan tanggal perpanjangan keanggotaan. Untuk mempermudah tugasnya tersebut, ia menggunakan aplikasi MS-Excel.

Dibawah ini adalah format cell yang diperlukan oleh sekretaris tersebut kecuali ….

A.  Text

B.   Number

C.   Currency

D.  Short Date


8. Perhatikan gambar berikut ini!


Ketika akan membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk membuat lembar kerja baru sesuai dengan gambar di atas maka langkah selanjutnya adalah memilih ….

a.  Blank Worksheet

b.  Blank workbook

c.   Save

d.  Save as


 9. Perhatikan gambar berikut!



Pada gambar sebelah atas terdapat teks “data tabel siswa” yang berada di sel B1. Apa yang harus dilakukan agar teks tersebut berada di sel B1 dan C1 seperti gambar sebelah bawahnya ?

a.   Pilih sel B1 dan C1 kemudian pilih menu merge cells

b.   Pilih sel B1 dan C1 kemudian pilih menu format cell

c.    Pilih sel B1 dan D1 kemudian pilih menu merge & center

d.   Pilih sel B1 dan C1 kemudian pilih menu merge & center


10. Perhatikan gambar berikut!


Manakah yang bukan termasuk fungsi menu yang terdapat pada group Font ....

a.   1

b.   2

c.    3

d.   5


11. Perhatikan tabel berikut ini !

Tabel berikut adalah data minat siswa kelas 7 SMP Negeri 2 Gamping dalam membaca buku selama satu bulan terakhir. Jumlah siswa yang disurvei adalah 50 orang.


Berapa persen siswa yang memilih membaca buku fiksi?

a. 20%

b. 40%

c. 50%

d. 60%


12. Perhatikan data dalam grafik berikut!


Dalam pemilihan Ketua Pemuda di Padukuhan Suka Maju setidaknya ada empat orang dipilih untuk menjadi calon ketua pemuda. Dalam pemilihan tersebut diikuti oleh 250 pemuda. Hasil pemilihan tersebut menghasilkan data seperti tercantum dalam grafik di atas. Berapa orang yang memilih Retno ? ….

A. 27 pemuda

B. 50 pemuda

C.   55 pemuda

D. 65 pemuda


13. Sebuah kelompok siswa mengumpulkan data tentang jenis-jenis hewan peliharaan yang dimiliki oleh orang-orang di lingkungan mereka. Data ini dapat disajikan dalam bentuk diagram apa?

a. Diagram garis

b. Diagram batang

c. Diagram lingkaran

d. Diagram area


 14. Apa yang dimaksud dengan mean atau rata-rata dalam analisis data?

a.              Nilai yang paling sering muncul dalam kumpulan data

b.              Nilai tengah dalam kumpulan data yang telah diurutkan

c.            Jumlah seluruh nilai dalam kumpulan data dibagi dengan jumlah nilai dalam kumpulan data

d.               Nilai terendah dalam kumpulan data


15. Apa yang dimaksud dengan "freeze panes" pada Microsoft Excel?

a.              a. Mematikan semua formula pada lembar kerja

b.              b. Membatasi penggunaan lembar kerja

c.  Membuat beberapa bagian lembar kerja tetap terlihat saat digulir

d.      Menghapus semua data pada lembar kerja


15. 



Rudy perlu membeli flashdisk karena secara rutin belajar dan hasilnya disimpan dalam komputer. Rata-rata belajar dan menyimpan file per hari sebesar 500 Kbytes. Rudy mendapat informasi flashdisk yang tersedia sebagai berikut. Flashdisk yang mana yang akan Rudy beli agar cukup untuk menyimpan data hasil belajar selama 30 hari atau satu bulan? Dengan catatan 1 Gbyte = 1.000 Kbyte

a.   15 Gbyte

b.   10 Gbyte

c.    2 Gbyte

d.   1 Gbyte


 16. Perhatikan gambar tabel berikut!


Fungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dengan bantuan operator aritmatika standar seperti tambah (+), kurang (-), kali (*), dan bagi (/). Berdasarkan tabel tersebut maka hasil formula dari D4 adalah ….

a.   10

b.   25

c.    30

d.   35 


17. Naila dapat melakukan pengurutan data dengan menggunakan program Microsoft Office Excel, pengurutan dapat dilaku[1]kan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi. Jika Naila ingin melakukan pengurutan data maka ia akan menggunakan fasilitas dari Microsoft Excel yang bernama ….

a.   Average

b.   Filter

c.    Sort

d. Mean


18. Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis. Berikut bukan merupakan tahapan-tahapan dalam analisis data yaitu ….

A. Pengumpulan data

B. Pengolahan data

C. Interpretasi data

D. Penyebaran data


19. Interpretasi data adalah proses menguraikan atau menafsirkan makna dari data yang telah dikumpulkan atau dianalisis. Hal ini melibatkan menghubungkan data yang telah diperoleh dengan konteks yang relevan untuk menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang situasi atau fenomena yang sedang diamati. Interpretasi data melibatkan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan atau dihasilkan dari berbagai sumber, seperti survei, eksperimen, pengamatan, atau analisis statistik. Tujuan interpretasi data adalah untuk menghasilkan pemahaman yang lebih dalam dan signifikan tentang pola, tren, hubungan, atau masalah yang muncul dari data tersebut. Interpretasi data sering digunakan dalam bidang-bidang seperti ilmu sosial, ilmu kesehatan, ekonomi, dan bisnis.

Berikut bukan merupakan tahapan interpretasi data adalah ….

a.   Pengumpulan data

b.   Pemilahan data

c.    Analisis data

d.   Penyajian hasil


20. Berikut ini adalah nilai yang paling sering muncul 

dalam data 2, 5, 6, 6, 7, 8, 9, 9, 9, 10, 10 adalah...

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9 


21. Suatu urutan instruksi atau aturan yang terstruktur, yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah atau melakukan suatu tugas tertentu dalam komputasi atau pemrograman. Dalam pengertian yang lebih luas adalah prosedur atau metode yang sistematis dan terstandarisasi untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas dengan mengikuti langkah-langkah tertentu.

Pengertian di atas merupakan pengertian dari arti ….

a.   Algoritma

b.  Informatika

c.   Logaritma

d.  Programming



22. Mengapa algoritma diperlukan dalam pemrograman komputer?

A.    Agar komputer bisa bekerja lebih cepat

B.     Agar mudah dimengerti oleh manusia

C.     Agar komputer bisa melakukan tugas yang berbeda-beda

D.    Agar komputer bisa melakukan tugas yang sama berulang-ulang


23. Berikut yang bukan merupakan pengertian singkat pemrograman adalah ….

A. Proses penerapan logika berpikir dalam satu sistem yang bisa diuba-ubah di komputer

B.  Proses untuk menerjemahkan logika berpikir menjadi langkah-langkah atau proses yang dapat dijalankan komputer

C.  Proses logika berpikir yang diterjemahkan dalam bentuk visual relatif

D. Proses mengelompokkan permasalahan yang ada dengan bantuan komputer


 24. Perhatikan algoritma berikut ini !

1.       Mulai

2.       Siapkan panci dan air yang cukup

3.       Letakkan panci di atas kompor

4.       Nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih

5.       Ambil mie dari kemasannya dan pisahkan satu per satu

6.       Masukkan mie ke dalam panci yang berisi air mendidih

7.       Masak mie selama 2-4 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan mie

8.       Matikan kompor

9.       Tiriskan mie menggunakan saringan atau colander

10.   Cuci mie dengan air dingin untuk menghentikan proses memasak dan menghilangkan kelembaban

11.   Mie rebus siap disajikan

12.   Selesai

Algoritma diatas merupakan salah satu contoh algoritma dalam membuat ….

A. Mie ayam

B.  Bakso

C.  Mie ayam bakso

D. Mie rebus


25. Pengertian pemrograman blok adalah ….

A. Proses membuat program yang akan dilakukan dengan seksama menggunakan Scratch

B.  Proses membuat program sederhana yang gunanya adalah memblock virus yang akan masuk ke komputer

C.  Proses membuat program sederhana yang gunanya adalah memblok cookie ilegal

D. Proses membuat program yang dilakukan dengan menggunakan block code


26. Perhatikan gambar berikut!

  


Gambar tersebut merupakan langkah-langkah untuk membuat akun Scratch, langkah-langkah tersebut dapat langsung dilakukan di situs resminya Scracth yaitu ….

a.   https://scratch.mit.edu/

b.  https://scratch.mit.edu/download

c.   https://scratch.com

d.  https://scratch.edu/


27. Perhatikan tampilan Scratch berikut!


Berdasarkan tampilan Scracth tersebut, yang merupakan kumpulan dari Sprite di tunjukkan dengan huruf ….

a.   A

b.  B

c.   D

d.  G


28. Perhatikan gambar berikut!


Berdasarkan gambar code program tersebut, maka artinya code tersebut adalah ….

a.   Sprite dapat berjalan langsung sebanyak 10 langkah

b.  Sprite dapat berjalan langsung sebanyak 10 langkah setiap kali bendera hijau ditekan

c.   Kode untuk bergerak move

d.  Kode untuk mengatur kondisi ketika bendera hijau


29. Perhatikan gambar berikut!


Berdasarkan gambar tersebut, untuk merubah sprite (kucing) menghadap ke kiri menggunakan perintah ….

a.   Flip vertical

b.  Flip horizontal

c.   Flip top

d.  Flip bottom

 

30. Apa itu sprite dalam Scratch?

a.       Sebuah blok kode yang mengaktifkan aksi tertentu

b.       Sebuah gambar atau karakter yang digunakan dalam program Scratch

c.        Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengganti warna latar belakang

d.       Sebuah jenis teks yang digunakan dalam program Scratch



31. Apa yang dimaksud dengan "loop" dalam Scratch?

a.      Sebuah blok kode yang digunakan untuk menjalankan program Scratch dari awal.

b.     Sebuah blok kode yang digunakan untuk memberikan kondisi tertentu dalam program Scratch.

c.      Sebuah blok kode yang digunakan untuk mengulang suatu aksi atau rangkaian aksi dalam program Scratch.

d.     Sebuah blok kode yang digunakan untuk membatalkan program Scratch.


 32. Bagaimana cara mengatur waktu tunggu dalam Scratch?

A. Dengan menggunakan blok kode "Wait".

B. Dengan menggunakan blok kode "Repeat".

C. Dengan menggunakan blok kode "Forever".

D. Dengan menggunakan blok kode "Broadcast".


 33. Apa fungsi dari blok "broadcast" pada Scratch?

a. Untuk mengirim pesan ke sprite lain

b. Untuk menghapus sprite

c. Untuk memutar sprite

d. Untuk memindahkan sprite


 34. Berikut yang merupakan kelompok bahasa pemrograman adalah ….

A. Microsoft Excel, Word, Power Point

B.  Adobe XD, Photoshop, Illustrator

C.  Dephi, Java, Phyton

D. Paint, Canva, CorelDraw


 35. Block sound berguna sebagai ….

A. Menyimpan blok kode yang mengatur suara yang akan digunakan

B.  Menyimpan blok kode yang mengatur tampilan program

C.  Menyimpan blok kode yang mengatur user interface

D. Menyimpan blok kode yang mengatur desain program


 36. Berikut yang bukan merupakan jenis block code adalah ….

A. Block looks

B.  Block motion

C.  Central block

D. Block sensing


37. Apa yang dimaksud dengan Scratch?

a.         Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi web.

b.        Sebuah alat yang digunakan untuk memotong dan menempel gambar pada layar komputer.

c.         Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat animasi, game, dan aplikasi interaktif.

d.        Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit video dan audio.


 38. Blok program Scratch yang digunakan untuk membuat sebuah pesan popup adalah:

A. "Broadcast"

B. "When flag clicked"

C. "Wait"

D. "Say" 

39. Berikut yang bukan merupakan jenis block code adalah ….

a.   Block looks

b.  Block motion

c.   Central block

d.  Block sensing


40. Apa yang dimaksud dengan debugging?

A.         Proses menulis program dari awal

B.          Proses menyelesaikan masalah pada program yang sudah ada

C.          Proses mengubah program agar lebih mudah dimengerti

D.         Proses menguji program secara keseluruhan