Soal-soal Informatika Kelas 7
Dibawah ini adalah tiga komponen utama komputer kecuali ….
a. Hardware
b. Software
c. Brainware
d. Complain
Salah satu contoh dari software adalah ….
a. CPU
b. Keyboard
c. Microsoft Office Word
d. Mouse
Perangkat pengguna komputer disebut ….
a. Hardware
b. Software
c. Brainware
d. Complain
Untuk mematikan komputer secara benar menggunakan perintah ….
a. Start
b. Click
c. Shutdown
d. Restart
Salah satu contoh perangkat masukan di komputer adalah ….
a. CPU
b. Monitor
c. Speaker
d. Keyboard
Perangkat komputer yang merupakan pusat pengolahan data disebut ….
a. Monitor
b. CPU
c. Keyboard
d. Mouse
Dari mana asal kata informatika ?
a. Info dan matika
b. Informasi dan matematika
c. Info dan tika
d. Formasi dan matematika
Teknologi di bidang infomatika ini berfungsi untuk membantu ….
a. Menyelesaikan masalah
b. Memperlambat ekonomi
c. Memecah belah persatuan
d. Mengurangi lapangan kerja
Berikut istilah informatika sepadan dengan istilah dalam
bahasa Inggris, kecuali ….
a. Informatics
b. Computing
c.
Computer science
d. Skill
Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan ….
a. Sistem komputer
b. Matematika
c. Ilmu sains
d. Telepon
Penghitungan dengan menggunakan komputer disebut dengan ….
a. Komputasi
b. Remote
c. Sistem komputer
d. Pengendalian
Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan ….
a. Otomatisasi
b. Sistem komputasi
c. Sistem komputer
d. Berpikir komputasional
Perhatikan pernyataan berikut !
(1) (1) Perangkat
keras
(2) (2) Perangkat lunak
(3) (3) Menalar
(4) (4) Persoalan
(5) (5) Durasi
Berpikir komputasional ini merupakan suatu kerangka dan
proses berpikir yang mencakup penyataan nomor ….
a. (1), (2), (3) dan (4)
b. (2), (3), (4) dan (5)
c. (1), (3), (4) dan (5)
d. (1), (3), (4) dan (5)
Masyarakat zaman sekarang disebut masyarakat ….
a. 5.0
b. 4.0
c. Peralihan
d. Modern
Siswa yang belajar informatika akan mendalami proses suatu ….
a. Matematika
b. Metode
c. Sistem komputasional
d. Berpikir kritis
Kurangnya sosialisasi sekolah terhadap pentingnya komputer di
era global menyebabkan ….
a. Keterlambatan di bidang pendidikan
b. Berkembangnya teknologi
c. Dapat mengatasi kesulitan dalam
penggunaan teknologi
d. Pengetahuan siswa menjadi luas
Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut
industri ….
a. Sosial
b. Media
c. 4.0
d. Teknologi
Sebelum adanya internet seperti sekarang ini hal pertama yang
terjadi pada perkembangan teknologi terletak pada ….
a.
Handphone
b.
Komputer
c. Scanner
d.
Kalkulator
Banyaknya kegiatan dilakukan manusia secara fisik maupun
secara daring dengan pemanfaatan ….
a. Teknologi komputer dan internet
b. Komunikasi
c. Jangkauan
d. Modernisasi
Pembelajaran informatika mencakup aspek ….
a. Teoritis dan praktis
b. Sains
c. Pengembangan perilaku
d. Modernisasi
Perhatikan pernyataan berikut !
(1)Berkomunikasi dengan media sosial
(2)Bermain game online
(3)Memesan makanan
(4)Memesan transportasi
(5)Mengaduk semen
Kegiatan yang di dukung teknologi komputer dan internet ditunjukkan
oleh nomor ….
a. (1), (2), (3) dan (4)
b. (1), (3), (4) dan (5)
c. (2), (3), (4) dan (5)
d. (1), (3), (4) dan (5)
Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis
data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, siswa akan mengasah kemampuan
….
a. Bernalar kritis dan kreatif
b. Kreatif
c. Berpikir komputasi
d. Modernisasi
Kreativitas dan dan inovasi berawal dari ….
a. Kreatif
b. Modernisasi
c. Berpikir dan berimajinasi
d. Mandiri
Karakter untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan di era digital disebut ….
a. Profil pemuda Pancasila
b. Keimanan
c. Revolusi industri
d. Profil revolusi
Siswa dalam proses belajar berbagai materi dalam informatika dituntut belajar untuk ….
a. Membagi
b. Menghitung
c. Kenal
d. Mandiri
Berikut dapat dari kurangnya sosialisasi kepada guru dan murid mengenai kebutuhan komputer dalam pendidikan adalah ….
a. Adanya pendekatan dalam dunia
teknologi
b. Keterlambatan dalam pendidikan
c. Adanya persaingan dunia teknologi
d. Terdapat berbagai macam teknologi
Guna berkomunikasi dengan orang-orang yang bukan anggota tim, kualitas terpenting yang dapat ditunjukkan oleh sebuah tim adalah ….
a. Komunikasi
b. Mandiri
c. Kesatuan
d. Kenal
Besaran yang diberikan kepada algoritma sebelum algoritma mulai bekerja disebut ….
a. Panggilan
b. Masukan
c. Keluaran
d. Dasaran
Notasi yang berupa bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu ….
a. Pseudocode
b. Read
c. Write
d. Flowchart
Langkah-langkah algoritma yang tidak benar dapat berdampak
pada ….
a. Hasil yang salah
b. Non persen debug
c. Hasil yang benar
d. Realisasi pemrograman
Penyebab dari algoritma harus berhenti setelah mengerjakan
sejumlah langkah yaitu ….
a.Sebuah program yang tidak pernah
berhenti dapat dipastikan berisi algoritma yang salah
b. Setiap langkah harus didefinisikan
dengan tepat dan tidak berarti dua
c. Besaran yang memiliki hubungan dengan
masukan
d. Setiap langkah harus sederhana
sehingga dapat dikerjakan dalam sejumlah waktu
Realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman disebut dengan
….
a. Komputer
b. Program
c. Perangkat
d. Komponen
Seperangkat alat yang bisa melakukan tugas fisik dengan
pengawasan dan control manusia atau menggunakan program yang telah
didefinisikan terlebih dahulu disebut ….
a. Struktur
b. Robot
c. Link
d. Joint
Flowchart sebagai perwujudan dalam bentuk ….
a. Diagram alir
b. Gambar
c. Tabel
d. Aturan
Variabel disebut juga dengan ….
a. Nama peubah
b. Deklarasi
c. Nama tipe
d. Prosedur
Notasi write
digunakan untuk ….
a. Menyelesaikan masalah
b. Mencetak data/informasi
c. Memberikan deklarasi
d. Mengubah nama
Diagram alir lebih menggambarkan aliran intruksi secara ….
Dibandingkan memperlihatkan struktur program itu sendiri.
a. Metode
b. Persuasive
c. Naratif
d. Visual
Hal yang mendasar yang harus diketahui oleh setiap orang yang
ingin membuat suatu program adalah ….
a. Notasi algoritma
b. Jumlah data
c. Info yang dibutuhkan
d. Fungsi dan prosedur
Besaran yang memiliki hubungan dengan masukan disebut ….
a. Masukan
b. Keluaran
c. Diagram
d. Data
Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti dua yang biasa disebut ….
a. Structural
b. Komponen
c. Campuran
d. Ambigu
Jantung ilmu komputer atau informatika adalah ….
a. Sistem komputer
b. Program
c. Algoritma
d. Aplikasi
Langkah-langkah di dalam algoritma harus logis yang berarti
hasil dari urutan langkah-langkah tersebut harus dapat ditentukan ….
a. Hasil akhir yang diraih
b. Data masukan yang diberikan
c. Benar dan salahnya
d. Data keluaran yang diharapkan
Kegiatan mengonversi algoritma ke dalam bahasa komputer
disebut ….
a. Komponen pendukung
b. Pemrograman
c. Identifikasi data
d. Aplikasi system
Bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan
(spesifikasi) tentang algoritma tersebut adalah ….
a. Mencetak data
b. Judul algoritma
c. Deskripsi
d. Deklarasi
Flowchart digunakan untuk mengekspresikan instruksi-instruksi
algoritma dalam bentuk …..
a. Persegi panjang
b. Bujur sangkar
c. Geometri
d. Bulat
Perhatikan data berikut ini !
(1)
(1) Komponen
(2)
(2) Notasi
alami
(3)
(3) Flowchart
(4)
(4) Pseudocode
Berdasarkan data di atas, jenis-jenis notasi yang umum
digunakan dalam penulisan algoritma ditunjukan oleh nomor ….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1), (2) dan (3)
d. (2), (3) dan (4)
Perhatikan data berikut !
1.
Siapkan gelas
2.
Masukkan kopi
3.
Tuang air panas
4.
Selesai
5.
Masukan gula
Berdasarkan data di atas penulisan algoritma yang benar
tentang membuat kopi ditunjukan oleh nomor ….
a. 1, 2, 3, 4 dan 5
b. 1, 2, 3, 5 dan 4
c. 4, 1, 3, 5 dan 2
d. 5, 4, 3, 2 dan 1
Perhatikan data berikut ini!
·
Inputkan panjang
·
Inputkan lebar
·
Rumus untuk menghitung L yaitu L = P * L
·
Nilai L (Luas ) akan dicetak sebagai output ke perangkat
output (keluaran)
Data di atas merupakan sebuah algoritma ….
a. Menghitung luas segitiga
b. Menghitung keliling lingkaran
c. Menghitung luas persegi panjang
d. Menghitung keliling persegi panjang